Dibalik Rahasia Nusantara

Oleh: Lala Amalia Citra

---------------------------------------------------------

Termenung berdiri sendirian

Seolah sedang menunggu seseorang

Itu aku

Ketika hujan,

Aku kembali teringat dan luka menyebar

Aku melihatmu mengalir

Kemudian aku membeku saat itu

Aku basah oleh kenangan

Ketika aku menggambar kamu yang cantik dalam hujan


Didunia hitam dan putih

Jadilah hujan yang datang padaku

Dengan bisikan lembutmu dibawah payung

Aku bisa mendengarmu

Seakan menanyakan bagaimana hariku berjalan

Dalam hujan turun, mewarnai kenangan yang sendu


Dibawah pelangi ku harus menunggu

Cerita yang tak bisa kau katakan

Semua rahasia yang hanya kau dan aku yang tau

Bertahanlah

Sampai pada akhirnya Aku akan mengubahnya

Menjadi alam nusantara yang indah

Hingga akhirnya kita dapat bertukar cerita

Tentang masa lalu yang belum aku dan kau temukan akhirnya



Makna dari puisi diatas:

Puisi ini menggambarkan tentang bagaimana penulis melihat nusantara bukan hanya dari sisi indah nya, akan tetapi dari sisi kelam/gelapnya. Pada paragraf pertama, penulis menggambarkan bahwa hujan yang turun akan sangat indah dalam pandangannya. Akan tetapi pada kenyataanya penulis mengingat tentang kenangan bagaimana bencana banjir yang telah banyak disebabkan oleh hujan.

Sedangkan pada paragraph kedua penulis menggambarkan bagaimana perasaan dan keinginan penulis jika hujan turun dinusantara dengan indahnya. Pada paragraf ketiga penulis berharap dapat mengubah cerita (dalam hal ini kondisi nusantara) bahwa nusantara yang sedang berduka saat ini menjadi nusantara yang indah kembali di kemudian hari.