News - Jumat, 18 Mei 2018 tepatnya diruang Auditorium Fakultas Pertanian, Himpunan Mahasiswa Agricultural Engineering (HIMAGREEN) menyelanggarakan acara Sosialisasi Penulisan PKM dan KTI (SIPESAN) dibawah program kerja Divisi Penelitian dan Pengembangan (LITBANG), yang bergerak dibidang akademik yaitu pengembangan kemampuan dan penalaran mahasiswa teknik pertanian UNSOED.


SIPESAN merupakan acara sosialisasi dan pelatihan Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM) dan Karya Tulis Ilmiah (KTI) yang biasanya dilaksanakan rutin setiap 1 kali dalam periode kepengurusan oleh HIMAGREEN. Banyak sekali yang dapat diperoleh dari kegiatan tersebut, diantaranya mahasiswa dapat lebih mengetahui bagaimana cara kepenulisan PKM dan KTI, hal yang harus dipersiapkan dalam mengikuti PKM dan KTI, dan tips trik lolos PKM dan KTI.

Acara SIPESAN dimulai pukul 13.30 WIB, yang resmi dibuka oleh Wakil Dekan III bidang Kemahasiswaan dan Alumni yaitu Dr. Ir. Siswantoro, M.P., serta sambutan oleh Presidium BEM KEMA FAPERTA, Pembina dan Ketua HIMAGREEN. Acara ini dihadiri oleh kurang lebih 50 peserta, yaitu dari mahasiswa teknik pertanian khususnya, serta beberapa perwakilan dari mahasiswa jurusan lain.

Acara pertama yaitu penyampaian materi oleh salah satu narasumber yang ahli dibidangnya yaitu saudari Nugrahaeni Puspita (Peraih emas di PKM-PE ke-30 serta pemenang juara 1 LKTI Nasional SSC 2017). Penyampaian materi oleh narasumber petama yaitu dimulai dengan sosialisasi mengenai perbedaan mengenai konsep PKM dan KTI serta tips trik untuk lolos PKM dan KTI. Acara Kedua yaitu penyampaian materi oleh saudari Sri Mulyani (Peraih juara 3 PKM-M ke-30) yaitu tentang tips trik menghadapi permasalahan dalam menjalankan PKM, memberikan motivasi – motivasi kepada peserta untuk dapat membuat PKM, serta penjelasan terkait keuntungan yang didapatkan ketika mengikuti PKM serta lolos PIMNAS.

Setelah pemaparan oleh kedua narasumber, acara dilanjutkan dengan pembentukan kelompok yang dipimpin oleh Dr. Ardiansyah, S.TP., M.Si. (Reviewer PKM UNSOED). Kelompok yang dibentuk yaitu terdiri dari 3 orang per kelompok, yang kemudian diberikan waktu untuk mengumpulkan ide dan mempresentasikan ide-ide tersebut didepan kelompok lain yang nantinya akan ada diskusi baik peserta mapun para narasumber untuk diberikan saran dan kritik terkait ide tersebut.

"Partisipasi dari anggota HIMAGREEN terkait dengan kepenulisan atau pembuatan PKM dan KTI sangat besar. Hal tersebut terlihat dari para anggota yang serius mendengarkan pemaparan dari para pemateri yang sudah berpengalaman dengan kepenulisan PKM dan KTI, dan kemauan dari para anggota untuk mengembangkan ide mereka dalam penulisan PKM dan KTI" (Tiara, 2016).

"Adanya kegiatan Sosialisasi PKM dan KTI bisa menambah wawasan serta sebagai bekal untuk mata kuliah metodologi riset pada semester V. Dan dengan adanya forum tersebut anggota bisa bertukar pikiran dan saling share ide satu sama lain, dan menambah relasi dikarenakan yang datang tidak hanya anggota dari Himagreen, tetapi terbuka juga untuk umum" (Retno, 2016).

Keberlanjutan dari acara ini yaitu, khususnya mahasiswa teknik pertanian yang akan membuat PKM akan terus terpantau oleh LITBANG HIMAGREEN yaitu dengan adanya PKM klinik, fasilitas konsultasi yang diberikan kepada mahasiswa Teknik Pertanian dalam pembuatan PKM.

Harapan dari acara ini yaitu peserta dapat menyerap ilmu dan pengalaman yang diberikan oleh narasumber yang nantinya akan berlanjut ketahap berikutnya yaitu pembuatan dan pengunggahan PKM atau KTI tahun ini. Selain itu diharapkan mahasiswa UNSOED dapat berkontribusi aktif terhadap pembuatan PKM dan KTI sehingga dapat mengharumkan nama UNSOED khususnya pada PKM tingkat Nasional yaitu dengan meraih juara di PIMNAS.

Lampiran:

Beberapa gambar dokumentasi dapat dilihat di Dokumentasi