Mega merupakan salah satu cloud storage (penyimpanan awan) yang banyak digunakan. Penyimpanan awan memungkinkan user untuk dapat menyimpan data-datanya dan mengakses dimanapun dan kapanpun. Dibandingkan penyimpanan awan lainnya, mega memiliki beberapa kelebihan seperti:

  • Mudah diakses dari segala gadget (termasuk android).
  • Merupakan penyimpanan awan yang menjamin privasi data dari usernya.
  • Kapasitas gratis yang ditawarkan mencapai 50 GB.
Untuk membuat akun mega cukup mudah, dibawah ini terdapat beberapa langkah yang perlu dilakukan untuk membuat akun mega:

1. Kunjungi website mega di https://mega.nz/
2. Pilih menu Buat Akun


3. Isi data yang diperlukan seperti:
  • Nama : Diisi dengan nama depan dan nama belakang Anda.
  • Surel : Diisi dengan alamat email yang akan Anda gunakan sebagai akun login mega.
  • Sandi : Diisi dengan kata sandi yang akan Anda gunakan sebagai sandi ketika memasuki akun mega.
4. Setelah itu, centang kotak kecil yang menyatakan Anda menerima Ketentuan Penggunaan MEGA, dan pilih menu Buat akun.

5. Ketika muncul dialog seperti gambar di bawah ini, maka yang harus Anda lakukan adalah membuka Kotak Masuk email yang Anda gunakan ketika pendaftaran akun mega, kemudian klik link verifikasinya.


6. Setelah menekan link verifikasi, maka Anda akan diminta memasukkan ulang kata sandi yang telah Anda buat ketika melakukan pendaftaran. Masukkan kata sandi tersebut kemudian pilih menu lanjutkan.

Sampai sini berarti Anda sudah memiliki akun penyimpanan awan mega. Selanjutnya, untuk bisa menerima file yang dibagikan, yang Anda lakukan hanya menghubungi PJ Angkatan untuk dibagikan materi yang Anda butuhkan.

Setelah PJ Angkatan membagikannya, buka kembali akun mega menggunakan Email dan Password, kemudian pilih ikon notifikasi, kemudian pilih terima pada pemberitahuan pembagian materi angkatan.