Disclaimer: Litbang tidak promosi mengenai suatu produk tertentu, cloud drive hanya sebagai alat yang digunakan, dan penggunaan cloud drive tertentu tidak bermaksud untuk melebihkan maupun menjelekkan salah satu atau beberapa merek. Semuanya murni karena alat yang kami gunakan dari salah satu merek, dan litbang tidak menerima profit apapun dari merek tertentu.
Melanjutkan postingan sebelumnya mengenai Cara Membuat Akun Mega, kali ini akan dibahas mengenai cara install Mega sync di Windows. Terdapat beberapa kelebihan menggunakan Mega sync di Windows (terutama distribusi materi oleh Litbang Himagreen menggunakan Mega) antara lain:

  • User tidak perlu mengakses website Mega untuk mendownload materi terbaru.
  • Seluruh materi akan otomatis tersingkronisasi selama komputer atau laptop user terhubung jaringan internet.
  • PJ Materi masing-masing angkatan tidak perlu melakukan upload materi ke website Mega, semuanya dilakukan hanya dengan copy-paste ke folder Mega yang telah dibagikan oleh Litbang.
  • Lebih efisien dari segi waktu, tenaga, dan pengetahuan download-upload, user hanya duduk dan mengkoneksikan PCnya ke internet, maka semua materi akan terupdate ke materi baru.
  • File materi dapat diakses pula melalui aplikasi Mega di android dan ios.
  • Materi yang telah tersingkronisasi dapat diakses secara offline.

Cara Install

1. Masuk ke website Mega (http://mega.nz), kemudian login akun Mega yang Anda gunakan.

2. Pada pojok kann atas, tekan menu Opsi - Apps - Sync Client atau bisa langsung menuju link berikut https://mega.nz/sync

3. Tekan menu Unduh, kemudian tunggu hingga proses pengunduhan selesai.


4. Setelah proses pengunduhan selesai, buka apliaksi yang telah diunduh kemudian lanjutkan dengan proses penginstalan.

5. Pada proses penginstalan, yang perlu user lakukan adalah menekan tombol next hingga menuju menu Selective Sync. Pada menu ini, terdapat dua pilihan:
  • Full Sync digunakan apabila seluruh file yang terdapat pada akun Mega anda akan disingkronisasi secara keseluruhan pada komputer/laptop Anda.
  • Selective Sync digunakan apabila hanya beberapa folder saja yang disingkronisasi ke komputer Anda.
Pada menu ini silakan Anda pilih Selective Sync.


6. Setelah itu pada menu Add synchronize folder, pada folder lokal, pilih di folder mana Anda akan menyimpan unduhan dari Mega Sync, dan pada folder Mega, pilih folder yang akan disingkronisasikan ke komputer anda (contoh: Materi 2015).



7. Apabila masih ada folder yang ingin ditambahkan, tinggal memilih menu Add, kemudian ulangi langkah 6 hingga seluruh folder selesai di tambahkan.

8. Setelah itu, lanjutkan penginstalan hingga selesai, dan folder Mega yang terpilih akan secara otomatis tersingkron pada laptop Anda.